Perbedaan Shared Hosting dan Dedicated Hosting

Jika Anda ingin mengunjungi sebuah halaman website, hal pertama yang harus dilakukan adalah memasukkan kata kunci atau nama domain di kolom pencarian Google. Saat Anda terhubung ke server, Anda akan melihat halaman web yang Anda cari, dengan semua informasi yang Anda butuhkan. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi sebuah website sehingga Anda dapat mengaksesnya dengan cepat melalui internet. Salah satunya adalah layanan hosting yang digunakan. Jika Anda menggunakan layanan hosting, berarti Anda menyewa ruang di server cloud sebagai tempat untuk menyimpan file dan data yang dibutuhkan situs web Anda untuk memenuhi permintaan pengunjung Anda. Semakin optimal layanan hosting Anda, semakin cepat diakses untuk memuat halaman web Anda. Dari perspektif bisnis, akses cepat ke situs web Anda menghasilkan tingkat keterlibatan yang lebih tinggi, pengalaman pengguna yang lebih baik, dan bahkan tingkat konversi yang lebih tinggi. Tidak hanya itu, Google juga menambahkan bahwa kecepatan akses website menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi algoritma SEO. Singkatnya, kinerja layanan hosting yang optimal adalah kunci kecepatan situs web.

Pengertian Hosting

Jadi apa itu hosting? Yang disebut hosting atau sering juga web hosting adalah layanan untuk menyimpan berbagai data, file, dan gambar di website Anda. Seperti disebutkan sebelumnya, layanan hosting juga berfungsi untuk membuat situs web dapat diakses melalui Internet. Beberapa jenis layanan hosting yang umum digunakan adalah shared hosting dan dedicated hosting. Hosting bersama adalah jenis layanan hosting paling dasar, di mana akun hosting ditempatkan bersama beberapa akun hosting lain dalam server cloud yang sama. Oleh karena itu, server cloud memiliki beberapa akun hosting yang berbagi penyimpanan (bersama) yang sama, RAM, dan sumber daya prosesor. Hosting khusus, di sisi lain, adalah layanan hosting (khusus) di mana server cloud digunakan hanya oleh satu akun hosting dan tidak dibagikan kepada siapa pun. Keduanya adalah layanan hosting, tetapi dedicated dan shared hosting memiliki keunggulan yang berbeda. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui perbedaan antara shared hosting dan dedicated hosting untuk memilih layanan hosting yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Apa bedanya?

đŸ”¥Trending:  Cara Memilih Hosting Terbaik

Perbedaan Layanan Shared Hosting dan Dedicated Hosting

perbedaan-hosting

Baik dedicated hosting dan shared hosting memiliki kekuatan dan kelemahan masing-masing. shared hosting menawarkan harga yang ekonomis, sehingga menjadi pilihan yang tepat bagi siapa saja yang baru mulai membangun situs web atau blog. Ini juga sepenuhnya diserahkan kepada penyedia layanan hosting, jadi tidak diperlukan kontrol teknis. Namun, jika satu akun hosting kelebihan beban dan menggunakan atau menangguhkan sumber daya, akses yang dimiliki oleh akun hosting lainnya akan melambat dan akan terpengaruh oleh gangguan tersebut. Hal ini dikarenakan resource setiap akun digunakan secara tidak merata sehingga server cloud tidak dapat menangani website dengan traffic tinggi. Jika Anda membutuhkan sumber daya kinerja yang lebih baik, Anda dapat menggunakan dedicated hosting . Layanan dedicated hosting mudah dikelola karena biasanya memiliki panel kontrol seperti Plesk untuk pengelolaannya sendiri. Pemilik bisnis korporat, e-niaga, atau portal biasanya memilih hosting khusus sebagai layanan hosting mereka. Tujuannya agar bisa mengakses website Anda dengan cepat dan melayani pengunjung dalam jumlah banyak.

Pentingnya Memiliki Layanan Hosting di Indonesia

Setelah Anda memutuskan jenis layanan hosting yang sesuai dengan kebutuhan Anda, hal berikutnya yang perlu dipertimbangkan adalah lokasi server cloud hosting Anda. Jika mayoritas pengunjung Anda berasal dari Indonesia, sebaiknya pilih server cloud yang berlokasi di Indonesia. Jika server cloud Anda berlokasi di luar negeri, masalah seperti proses pemuatan yang lama dan pesan kesalahan dapat mengurangi kinerja bisnis.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button