Jenis-Jenis Asuransi Jiwa Yang Perlu Diketahui

Di tengah wabah saat ini, kesehatan tentu perlu mendapat perhatian lebih. Tapi harus diingat ya sahabat, kesehatan bukan hanya menjadi perhatian di masa epidemi. Namun, penting untuk tetap memperhatikan kesehatan Anda dalam segala situasi. Dalam banyak kasus, kecelakaan fatal dapat menyebabkan penyakit serius yang dapat menyebabkan situasi tak terduga bagi anggota keluarga dan diri mereka sendiri. untuk itu penting bagi kita mengetahui tentang Jenis-Jenis Asuransi Jiwa Yang Perlu Diketahui.

Untuk memperhitungkan kerugian finansial yang terjadi dalam situasi seperti itu, kita bisa membeli polis asuransi jiwa agar bisa mendapatkan jumlah yang dijamin. Asuransi jiwa adalah kontrak antara pemegang polis (tertanggung) dan perusahaan asuransi (perusahaan asuransi), dan faksi penanggung didasarkan pada pembayaran berdasarkan kematian tertanggung atau seumur hidup tertanggung.Saya berjanji untuk membayar. Besarannya ditentukan dan/atau berdasarkan hasil pengelolaan dana. Asuransi ini adalah efek dari kerugian finansial yang tidak terduga yang disebabkan oleh kematian mendadak, cacat total yang konstan, atau kehilangan sumber daya karena kondisi yang tidak produktif (terlalu tua atau terlalu lama) yang dapat Anda lindungi dari tertanggung.

Jenis-Jenis Asuransi Jiwa Yang Perlu Diketahui

Asuransi jiwa memiliki banyak manfaat. Oleh karena itu, ada beberapa jenis asuransi jiwa yang penting untuk diketahui. Berikut Jenis-Jenis Asuransi Jiwa Yang Perlu Diketahui :

1. Asuransi Jiwa Hidup (whole Life Insurance)

Asuransi ini punyai 2 (dua) ciri yakni:
1.Berikan pertanggungan sepanjang umur ke Tertanggung sepanjang polis masih berlaku (in force); serta
2.Berikan pertanggungan asuransi serta memiliki kandungan faktor tabungan.

Adapun beberapa jenis pertanggungan asuransi jiwa sepanjang umur ialah:

a. Asuransi Jiwa Seumur Hidup Tradisionil (Traditional Whole Life Insurance)
Type asuransi ini berikan pertanggungan sepanjang umur dengan harga premi selalu (tingkat premium rate) yang tak bertambah searah dengan bertumbuhnya umur Tertanggung.

🔥Trending:  Perbedaan Asuransi Konvensional dan Syariah

b. Last Survivor Life Insurance
Type asuransi ini pun disebut yaitu second-to-die life insurance, sebagai type asuransi jiwa sepanjang umur kombinasi di mana faedah polisnya cuman dibayar sesudah ke-2  orang Tertanggung polis itu meninggal. Premi asuransi jiwa ini cuman dibayarkan hingga sampai Tertanggung pertama mati atau premi bisa dibayarkan hingga sampai ke-2  Tertanggung mati. Asuransi ini direncanakan spesial khususnya buat berikan pertanggungan ke pasangan menikah yang ingin punyai dana buat bayar pajak harta peninggalan (estate taxes) yang dikenai sesudah mereka meninggal.

c. Asuransi Jiwa Seumur Hidup Kombinasi (Gabung Whole Life Insurance)
Type asuransi ini punyai feature serta faedah yang serupa seperti asuransi jiwa sepanjang umur buat pribadi terkecuali jika asuransi ini memikul dua jiwa dalam polis yang serupa, sering kali dikatakan first-to-die life insurance karena sesudah kematian salah seseorang dari Tertanggung, faedah kematian dalam polis dapat dibayar ke Tertanggung masih yang hidup serta pertanggungan polis selesai.

2. Asuransi Jiwa Berjangka (Termin Life Insurance)

Semua produk asuransi jiwa berjangka berikan pertanggungan sepanjang satu waktu jangka khusus yang dikatakan waktu jangka polis (kebijakan termin). Faedah polis asuransi ini bisa dibayar cuman kalau:
(1)Tertanggung meninggal dalam waktu jam yang udah diputuskan, serta
(2)polis masih berlaku (in force) waktu Tertanggung meninggal.

Apabila Tertanggung masih hidup hingga sampai usainya waktu jam yang udah diputuskan, jadi polis itu dapat berikan hak ke pemegang polis buat menyambung pertanggungan asuransi jiwa. Apabila pemegang polis tak menyambung pertanggungan itu, jadi polis dapat selesai serta perusahaan asuransi tak berkewajiban buat berikan pertanggungan sesudah itu.

Adapun beberapa jenis pertanggungan asuransi jiwa berjangka ialah:
a. Asuransi Jiwa Berjangka Dengan Uang Pertanggungan Selalu (Tingkat Termin Life Insurance) yakni berikan faedah kematian dengan jumlah yang serupa sepanjang waktu jangka polis itu.

🔥Trending:  Asuransi Mobil Surabaya Beserta Alamatnya

b. Asuransi Jiwa Berjangka Dengan Uang Pertanggungan Turun (Decreasing Termin Life Insurance) yakni berikan faedah kematian yang nilainya turun sepanjang waktu jangka pertanggungan. Faedah polis ini diawali dengan satu nilai pertanggungan yang udah diputuskan kemudian turun sepanjang waktu jangka pertanggungan sama dengan metoda yang diperjelas dalam polis.

c. Asuransi Jiwa Berjangka Dengan Uang Pertanggungan Bertambah (Increasing Termin Life Insurance) yakni berikan satu faedah kematian yang diawali di suatu nilai serta bertambah dengan nilai atau perbandingan khusus pada sela yang udah diputuskan sepanjang waktu jangka polis.

3. Asuransi Unit Link

Asuransi unit link adalah asuransi yang mencampurkan faedah asuransi dengan investasi. Premi yang dibayar dapat dibagikan ke dua prosedur pengendalian yang terpisah yakni pengendalian premi dasar buat kebutuhan protect serta pengendalian premi investasi. Premi Investasi dikendalikan oleh Eksekutif Investasi atau pakar investasi perusahaan. Dengan beli produk unit link, seseorang Tertanggung bisa peroleh faedah pelindungan asuransi sekalian imbal hasil atas investasi Produk unit link di Indonesia normalnya digelar oleh beberapa perusahaan asuransi jiwa.

Itu ia beberapa jenis asuransi jiwa yang ada di Indonesia, cukup banyak ragam khan? Tentulah, penting buat Teman dekat Sikapi ingat jika sebelumnya beli polis asuransi jiwa, teman dekat penting buat pahami terlebih dulu produk asuransi jiwa yang bisa diputuskan. Selainnya itu, yakinkan pun jika perusahaan asuransi yang Teman dekat tentukan udah tercatat serta dilihat oleh OJK biar Teman dekat Sikapi tak alami rugi yang tak diingini.

4. Asuransi Jiwa Dwiguna (endowment Insurance)

Type asuransi ini berikan satu jumlah faedah khusus apa Tertanggung hidup hingga sampai akhir waktu jangka pertanggungan atau mening­gal sepanjang waktu jangka pertanggungan. Tiap-tiap polis asuransi jiwa dwiguna punyai tanggal jatuh termin (maturity date), yakni tanggal pembayaran uang pertanggungan oleh perusahaan asuransi ke pemegang polis apabila Tertanggung masih hidup. Tanggal jatuh termin dapat teraih dalam akhir satu waktu jam yang udah diputuskan, atau waktu Tertanggung menca­pai umur yang udah diputuskan.

🔥Trending:  Pengertian dan Jenis Premi Asuransi

Demikianlah postingan tentang Jenis-Jenis Asuransi Jiwa Yang Perlu Diketahui. Semoga dapat memberi manfaat kepada pembaca. Terimakasih!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button