Cara Screenshot di Laptop Windows

screenshot mungkin bukan hal baru bagi mereka yang sering menggunakan laptop dan komputer. screenshot atau SS, dilakukan untuk berbagai tujuan. Screenshot adalah gambar dari hasil tangkapan layar yang digunakan untuk berbagai keperluan. Salah satu keperluan yang paling umum misalnya untuk bahan presentasi, atau sekedar meng-copy, dan membagikannya ke orang lain melalui media sosial atau aplikasi chat. Berikut Tips Cara Screenshot di Laptop Windows.

Fungsionalitas tangkapan layar sudah ada di sistem operasi bawaan untuk laptop dan PC, tetapi ada juga berbagai jenis aplikasi tangkapan layar laptop pihak ketiga yang dapat Anda unduh secara gratis atau berbayar.

Masalahnya tidak semua orang tahu cara mengambil screenshot di laptop atau komputer karena tidak semudah mengambil screenshot di layar smartphone. Sebenarnya cukup mudah, namun pada kenyataannya masih banyak orang yang belum mengetahui cara mengambil screenshot dari laptopnya.

Artikel ini menjelaskan berbagai cara untuk mengambil tangkapan layar di laptop atau PC Anda. Cara-cara ini mudah dilakukan dalam waktu kurang dari 5 menit.

Cara Screenshot di Laptop Windows
Dari Windows XP, Windows Vista, Windows 7, Windows 8 hingga Windows 10, semua laptop dengan sistem operasi Windows memiliki cara dasar yang sama untuk mengambil screenshot.

Namun, setiap sistem operasi Windows memiliki metode yang berbeda dan tidak dapat dijalankan pada sistem operasi yang berbeda. Berikut cara mengambil screenshot di laptop Windows Anda:

1. Screenshot di Laptop dengan Tombol PrintScreen
Salah satu cara termudah untuk mengambil screenshot di laptop dengan satu tombol adalah dengan menekan tombol PrintScreen (prt sc). Untuk informasi lebih lanjut, lihat langkah-langkah tangkapan layar menggunakan satu tombol. Langkah pertama adalah menyiapkan tampilan layar yang akan dijadikan screenshot.

Kemudian tekan tombol “PrtSc” pada keyboard Anda. Tombol ini biasanya berada di bagian atas keyboard laptop Anda, paling sering di baris pojok kanan atas.

đŸ”¥Trending:  Cara Hilangkan Bekas Jerawat yang Menghitam

Kemudian buka aplikasi Paint bawaan Windows dan tekan menu Paste atau tekan ctrl+v. Untuk melakukannya, klik kanan mouse atau alas mouse dan pilih Tempel.

Screenshot layar laptop atau komputer Anda akan segera muncul di Paint dan Anda dapat menyimpannya dengan memilih menu File > Save As > JPEG. Selain format JPEG, Anda dapat memilih format gambar lain seperti PNG sesuai kebutuhan.
Selain menggunakan Paint, Anda juga dapat menggunakan aplikasi screenshot laptop lainnya seperti Microsoft Word untuk melihat hasil screenshot.

Satu hal yang perlu diperhatikan dari metode ss laptop ini adalah tidak semua laptop bisa melakukan screenshot di atas. Karena ada juga yang harus mengombinasikan tombol Prt Sc dengan tombol lainnya.

2. Menggunakan Tombol Windows + Prt Sc
Cara screenshot untuk laptop ini bisa diterapkan dari Windows XP. Cara ini bisa dijalankan di Windows 7, Windows Vista, Windows 8, Windows 8.1, dan Windows 10 meskipun belum diupdate.
Cara mengambil screenshot di laptop Windows:
– Tekan logo Windows + Print Screen (Prt Sc) secara bersamaan di keyboard komputer Anda.
– Setelah itu, layar laptop atau komputer berkedip sebentar. Ini menandakan bahwa proses screenshot sudah selesai.
– Kemudian gambar screenshot tersebut otomatis tersimpan di folder images laptop kamu (C:\Users\[username]\Pictures\Screenshots tepatnya).

3. Menggunakan Snip & Sketch
Mengambil screenshot di laptop menggunakan Snip & Sketch sangat mudah. Cukup tekan tombol Windows + Shift + S. Setelah selesai, jendela baru akan muncul dengan layar yang diambil.
Untuk mengambil screenshot di komputer Anda, gerakkan kursor dengan tanda “+” dan letakkan di laptop atau layar komputer tempat Anda ingin menyimpannya. Metode ini mirip dengan memotong gambar.

đŸ”¥Trending:  2 Cara Mengatasi WiFi ID Yang Tidak Bisa Login

Bagian layar yang terekam akan berubah warna menjadi warna yang lebih terang, dan setelah selesai screenshot akan muncul di pojok kanan bawah layar laptop atau komputer Anda.
Pilih untuk menampilkan tangkapan layar di papan klip dan mengedit gambar dengan menambahkan atau menghapus bagian tertentu. Setelah selesai, klik ikon disket untuk menyimpan tangkapan layar dan pilih folder untuk menyimpannya.

4. Menggunakan Snipping Tool
Sistem operasi Windows memiliki aplikasi bawaan yang disebut Snipping Tool. Aplikasi ini berguna untuk mengambil screenshot dan membuat anotasi di komputer Anda.
Untuk menggunakan aplikasi ini, Anda perlu memanggilnya melalui Cortana (Windows 10) atau klik Mulai dan ketik Snipping Tool untuk membuka aplikasi.

Saat aplikasi terbuka, klik Baru dan segera pilih area tangkapan layar yang dipilih. Anda kemudian dapat segera menyimpannya atau mengambil tangkapan layar lagi jika Anda tidak puas.
Fitur Snipping Tools ini pertama kali diperkenalkan di Windows Vista dan merupakan cara termudah untuk menjalankan ss di laptop atau komputer Anda.

5. Menggunakan Tombol Windows + G
Cara screenshot di laptop juga bisa dilakukan melalui game bar, dengan cara menekan tombol Windows dan ‘G’. Setelah tombol ditekan, akan muncul tampilan game bar, dimana Anda bisa memilih ‘Capture’ untuk menangkap layar laptop.
Selain dapat melakukan screenshot di laptop dan komputer, game bar juga dapat digunakan untuk merekam layar, dan melakukan live streaming ketika bermain game.

Cara screenshot layar laptop dan komputer menggunakan metode ini juga cukup mudah. Setelah Anda menekan tombol Windows + G, maka akan muncul jendela baru. Pilih ikon bergambar kamera untuk melakukan screenshot.
Hasil screenshot akan muncul pada jendela ‘Gallery’ dan Anda bisa membukanya dengan cara klik tombol ‘Open File Location’ yang tertetak pada pojok kanan bawah.
Hal menarik dari metode ini, selain bisa melakukan screenshot layar laptop dan komputer, Anda juga bisa membagikan hasil screenshot ke Twitter, menyimpannya dalam clipboard, bahkan membuat meme untuk diunduh ke internet.

đŸ”¥Trending:  Cara Mengatasi Tidak Bisa Download di Play Store

6. Menggunakan Tombol Alt + Prt Sc
Screenshot ini bisa dilakukan di Windows XP, Windows 7, Windows 8, Windows 8.1, dan Windows 10. Caranya juga hampir sama seperti sebelumnya. Di mana Anda cukup menekan tombol alt + Prt Sc.
Setelah itu, buka aplikasi Paint atau Microsoft Word untuk mem-paste hasil screenshot yang telah diambil. Selain tombol yang berbeda, cara screenshot ini juga memiliki perbedaan pada hasilnya.

Perbedaan terlihat pada hasil screenshot, dimana hanya jendela aktif saja yang akan di capture. Sementara bagian taskbar dan yang lain tidak bisa diambil screenshot-nya.

7. Menggunakan Tombol Windows + Volume Down
Cara ini hanya dapat dilakukan oleh pengguna Windows Surface. Cara untuk melakukan screenshot pada perangkat ini sangat mudah, karena cukup hanya dengan menekan tombol Windows yang dibarengi dengan tombol Volume Down saja.

Untuk mencari gambar yang telah discreenshot, kita bisa menemukannya pada folder screenshot, dimana gambar tersebut akan disimpan secara otomatis.

8. Menggunakan Tools Pihak Ketiga
Cara terakhir untuk screenshot di laptop ini juga cukup mudah, yaitu dengan menggunakan tools atau aplikasi screenshot yang bayak tersedia di internet, mulai dari yang gratis hingga yang berbayar.

Beberapa tools rekomendasi kami diantaranya adalah Screenrec, Lightshot, Greenshot, dan ShareX. Selain dari empat tools tersebut tentunya masih banyak lagi yang bisa Anda temukan. Pastikan saja itu yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Demikianlah postingan kami kali ini tentang Cara Screenshot di Laptop Windows. Terimakasih telah mengujungi website kami, semoga kalian dapat merasakan manfaatnya. Terimakasih!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button