Cara Memilih Hosting Terbaik

Seperti diketahui, website tidak pernah lepas dari hosting. Kedua paket ini merupakan paket lengkap yang dapat mendukung kinerja website Anda, sehingga Anda dapat lebih meningkatkan kinerja website Anda dan mencapai tujuan yang ingin Anda capai. Cara Memilih Hosting Terbaik.

Ada banyak pilihan hosting di luar sana. Mulai dari shared hosting, WordPress hosting, cloud hosting hingga VPS hosting. Semua layanan ini memiliki kekuatan dan kelemahan masing-masing yang disesuaikan dengan kebutuhan mereka.

Jadi bagaimana Anda memilih hosting terbaik untuk situs web Anda? Di bawah ini adalah kumpulan instruksi dan tips untuk memilih hosting terbaik untuk situs web Anda. Namun, sebelum Anda melanjutkan, ada baiknya Anda memahami terlebih dahulu apa itu hosting.

Tentang Hosting

Hosting adalah tempat semua data situs web Anda disimpan. Data yang disimpan ini dapat dikelola oleh pemilik situs web menggunakan Internet. Data termasuk gambar, video, email, skrip, dan aplikasi ke database penting.

Setiap hosting memiliki kapasitas penyimpanannya sendiri. Hal ini untuk menyesuaikan kebutuhan pengguna atau pemilik website. Pada dasarnya, situs web digunakan untuk berbagai tujuan.

Untuk keperluan pribadi, beberapa dapat digunakan sebagai portofolio dan blog, situs web organisasi atau perusahaan untuk toko online, atau sebagai e-commerce untuk bisnis online.

Semua jenis website ini tentu saja nggak menggunakan hosting dengan kapasitas yang sama besarnya. Namun fungsionalitasnya tetap sama, untuk menyimpan data website kamu

Jenis -Jenis Hosting

Seperti disebutkan di atas, hosting beragam. Apakah Anda tahu penjelasannya? Jika tidak, lihat di bawah.
1. Shared Hosting
Shared Hosting adalah osting yang bersifat digunakan bersama. Namanya juga shared atau sharing yang artinya berbagi, hosting ini bisa digunakan oleh beberapa pemilik website yang berbeda dalam satu server fisik yang sama.

Jenis layanan ini cocok untuk situs web pemula yang ingin menjalankan situs web untuk kebutuhan pribadi mereka. Misalnya, menulis blog atau membuat portofolio. Atau situs web dengan sedikit pengunjung. Karena hosting yang satu ini digunakan bersama, maka biaya yang ditanggung pengguna juga ditanggung. Tentu saja, itu hemat biaya.

Namun, shared hosting juga memiliki kekurangannya sendiri. Kelemahannya adalah Anda tidak memiliki kendali penuh atas server. Server bisa crash dan masih banyak hal lain yang bisa Anda baca di artikel ini.

2. Cloud Hosting
Jenis hosting yang satu ini merupakan hosting yang menggunakan beberapa server yang tersebar guna untuk menyeimbangkan performa website dan memaksimalkan uptime (jam kerja server). Server tersebut tersebar di beberapa titik bahkan bisa terbagi di beberapa tempat

Cloud hosting tidak menggunakan satu server, tetapi menggunakan teknologi cluster yang memungkinkan Anda untuk menggabungkan beberapa server menjadi satu server yang lengkap.

Pengguna cloud hosting tidak perlu khawatir jika salah satu server mereka bermasalah. Jika ada server yang down, itu tidak akan terpengaruh dan akan terus berfungsi secara normal.

đŸ”¥Trending:  Hosting Terbaik Di Indonesia 2022

Oleh karena itu, jenis hosting ini cocok untuk situs web dengan lalu lintas tinggi dan berfitur lengkap. Biasanya digunakan oleh para profesional yang tertarik dengan e-niaga, situs web perusahaan, situs web pemerintah, dan banyak lagi.

3. WordPress Hosting
WordPress Hosting adalah layanan web hosting yang diperuntukkan website yang menggunakan platform WordPress sebagai CMS.

Hosting ini banyak digunakan oleh pengguna WordPress, baik blogger maupun website profesional yang menggunakan WordPress untuk toko online mereka. Cocok untuk pemula maupun profesional.

WordPress Hosting Indonesia memiliki beberapa keunggulan seperti keterjangkauan, keterkelolaan, dan pembaruan otomatis. Anda dapat membaca lebih lanjut tentang arti dan manfaat hosting WordPress di artikel ini.

4. VPS Hosting
Hosting ini dikenal sebagai VPS atau virtual private server. VPS adalah server yang menggunakan teknologi virtualisasi untuk berbagi sumber daya pribadi di server dengan banyak pengguna.

Ada beberapa server virtual yang menggunakan sumber daya yang sama, tetapi tidak memengaruhi kinerja antar server dan dijamin bebas dari kebocoran data. Bisa dikatakan, VPS merupakan pilihan yang tepat dibandingkan dengan shared hosting yang masih memiliki fungsionalitas terbatas.

VPS memiliki kekuatan dan kelemahan. Keuntungan VPS adalah pemilik situs web memiliki kendali penuh atas pengelolaan situs web dengan lalu lintas tinggi dan keamanan tinggi. Hosting yang satu ini lebih cocok untuk para profesional. VPS lebih mahal daripada shared hosting dari segi harga saja, tetapi VPS secara fungsional lebih unggul.

Cara Memilih Hosting Terbaik Untuk Website

Setelah membaca penjelasan di atas, kamu pun sudah memiliki bayangan jenis hosting apa yang akan digunakan. Tetapi buat yang belum bisa menentukan untuk memilih hosting terbaik, berikut Cara memilih hosting terbaik untuk website anda.

Hosting terbaik bisa dikatakan memenuhi beberapa kriteria sebagai berikut :
1. Kecepatan (Speed)
Hosting yang bagus seharusnya memiliki performance cepat dan berkinerja tinggi yang mendukung kinerja server. Waspadai beberapa faktor seperti bandwidth, kapasitas penyimpanan atau storage (sebaiknya dengan teknologi SSD), optimasi plugin, dll.

2. Keamanan (Security)
Ini harus diperhitungkan ketika memilih hosting terbaik untuk situs web Anda. Apakah dilengkapi dengan SSL, perlindungan dari serangan DDoS dan malware, keamanan website. Hal ini menjadi sangat penting untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan di website Anda.

3. Layanan (Support)
Sebelum mengonfirmasi hosting yang Anda pilih, sebaiknya perhatikan layanan dukungan yang diberikan oleh penyedia hosting Anda, seperti live chat, email, dan layanan dukungan 24/7 melalui telepon. Hal ini dimaksudkan untuk memastikan bahwa jika terjadi kesalahan pada situs web Anda, Anda dapat menanganinya dengan cepat.

4. Uptime
Pastikan penyedia situs web Anda menjanjikan uptime 99,9% agar situs web Anda selalu aktif dan dapat diakses.

đŸ”¥Trending:  How to Choose the Best Hosting

5. Skalabilitas
Hosting yang baik, selain dapat mendukung kinerja website, juga membantu untuk meningkatkan dan mencapai tujuan website Anda agar website Anda juga berkembang. Pilih penyedia hosting yang menawarkan berbagai paket yang disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Selain dari beberapa faktor di atas, kamu juga perlu memperhatikan beberapa hal di bawah ini cara memilih hosting terbaik untuk website kamu.

1. Sesuaikan Dengan Kegunaan dan Jenis Website
Yang pertama adalah menyesuaikannya dengan kebutuhan Anda. Situs web seperti apa yang ingin Anda buat? Apakah Anda ingin menggunakannya secara pribadi atau Anda ingin banyak orang menggunakannya? Apakah situs web ini ditujukan untuk bisnis atau komunitas? Atau Anda ingin mengembangkan website bisnis online untuk membuat toko online atau e-commerce?

Semua hal di atas harus dipertimbangkan dengan cermat sebelumnya. Tetapkan tujuan Anda untuk menemukan apa yang Anda butuhkan. Karena setiap hosting memiliki kriteria berbeda yang disesuaikan dengan kebutuhan dan tujuan Anda.

2. Tentukan Platform Yang Ingin Digunakan
Cara kedua untuk memilih hosting terbaik adalah dengan terlebih dahulu memutuskan platform mana yang akan digunakan. Untuk blogging, Anda bisa menggunakan WordPress yang sudah banyak digunakan oleh banyak orang di seluruh dunia. WordPress cocok untuk pemula dan profesional.

Platform lain yang tersedia adalah Joomla, WIX, Drupal, dan platform CMS lainnya. Hosting juga tersedia di berbagai platform pilihan Anda. Namun, kami menyarankan Anda memilih hosting yang khusus untuk platform Anda.

Misalnya, jika situs web Anda menggunakan WordPress, sebaiknya gunakan Hosting WordPress, yang dapat lebih meningkatkan kinerja situs web Anda.

3. Perhatikan Potensi Traffic Website
Apakah website kamu berpotensi memiliki traffic yang tinggi? Maka kamu tidak disarankan menggunakan shared hosting.

Apalagi jika untuk toko online, portal berita dan website yang memiliki pengunjung banyak setiap harinya. Tentukan hosting dengan resource besar dan cepat agar website tidak berpotensi down saat ada traffic tinggi.
Jika untuk dokumentasi pribadi, portfolio atau blog, kamu bisa menggunakan shared hosting atau hosting dengan kapasitas kecil menengah.

4. Lokasi Target Pengunjung Website
Apakah mayoritas pengunjung website Anda berasal dari Indonesia? Oleh karena itu, disarankan untuk memilih penyedia hosting yang memiliki lokasi server dan data center di Indonesia. Beberapa perusahaan hosting memiliki server atau pusat data di luar negeri, jadi periksa terlebih dahulu audiens atau audiens target situs web Anda sebelum memilih.

Ini untuk menjaga kecepatan situs web Anda tetap stabil. Terlebih lagi, jika Anda memiliki masalah dengan situs web Anda, Anda dapat menanganinya tanpa masalah dan tidak butuh waktu lama bagi tim dukungan untuk memperbaiki masalah tersebut.

5. Sesuaikan dengan Fitur dan Konten Website
Kemudahan penggunaan sebuah website mempengaruhi fungsionalitas dan konten yang disediakan. Jika situs web Anda untuk penggunaan pribadi, tidak perlu banyak fitur.

đŸ”¥Trending:  Perbedaan Shared Hosting dan Dedicated Hosting

Kemudian sesuaikan dengan konten website yang Anda lihat. Konten situs web yang bagus bukan hanya tentang menulis, ini tentang gambar, video, animasi, dan banyak lagi.

Jika website Anda adalah website perusahaan, situs berita atau toko online, maka fitur yang ditawarkan lebih kompleks dan beragam. Semakin banyak fitur dan konten yang Anda miliki, semakin banyak sumber daya atau kapasitas yang Anda butuhkan.

6. Kapasitas Hosting
Kembali ke poin di atas, kapasitas hosting mempengaruhi websitemu. Semakin banyak fitur dan konten website, maka kamu membutuhkan kapasitas hosting yang besar. Hal ini agar hosting bisa menyimpan file dan database penting yang diperlukan dan dapat diakses sewaktu-waktu.

Setiap website memiliki kapasitas yang berbeda. Jadi tentukan dengan bijak ya sebelum memilih hosting. Pastikan juga sesuai dengan kebutuhan.

7. Kualitas Performa Hosting
Siapa yang tidak ingin hosting berkualitas? Tentu saja, kualitas harus dipertimbangkan ketika memilih hosting terbaik untuk situs web Anda. Untuk meningkatkan kinerja situs web Anda, cari tahu fitur mana yang mendukung kinerja situs web Anda. Anda perlu memperhatikan setiap aspek, bukan hanya kecepatan dan keamanan.

8. Sesuaikan Harga dan Budget
Ini faktor penting, jangan sampai kamu membeli hosting di luar batas budget kamu. Sekarang banyak kok paket-paket hosting yang disediakan oleh perusahaan hosting yang harganya murah. Kamu juga bisa cek promo hosting yang ditawarkan, siapa tahu kamu bisa mendapatkan harga yang pas dengan budget kamu.

9. Perhatikan Review
Salah satu hal yang penting sebelum memilih hosting terbaik, apakah penyedia hosting memiliki review yang baik dan memuaskan? Ada baiknya kamu tanya kepada orang terdekat yang menggunakan layanan ini sehingga bisa meyakinkanmu untuk memilih hosting terbaik.

Selain itu, kamu juga bisa melihat review yang ada di internet seperti dari Google My Business. Atau jika masih belum meyakinkan, kamu bisa melihat review dari beberapa review hosting seperti dari WHTop, Host Advice, Website Planet dan review lainnya.

10. Layanan Support yang Andal
Last but not least, pilih penyedia hosting yang memiliki layanan support yang tanggap dan andal. Ini memudahkan kamu bila kamu memiliki trouble sehingga dibantu oleh tim teknis yang telah berpengalaman.

Kamu pun juga bisa bertanya-tanya seputar hosting yang hendak kamu gunakan dengan tim layanan yang 24/7 bisa kamu hubungi. Ini memudahkan kamu memahami layanan yang akan kamu gunakan untuk websitemu.

Setelah membaca ini, apakah masih bingung untuk memilih hosting yang baik untuk website anda?

Demikianlah postingan kami kali ini tentang Cara Memilih Hosting Terbaik . Terimakasih telah mengujungi website kami, semoga kalian dapat merasakan manfaatnya. Terimakasih!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button