Cara Lapor SPT Tahunan Secara Online

News updateMasyarakat yang memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) wajib melakukan lapor SPT Tahunan. Apabila tidak melakukannya, maka Wajib Pajak akan dikenakan sanksi. Laporan SPT Tahunan ini merupakan bentuk pelaporan dari wajib pajak terkait penghitungan atau pembayaran pajak, objek pajak atau bukan objek pajak. Batas pengisian SPT Tahunan untuk wajib pajak pribadi yakni pada 31 Maret 2022. Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengajak para wajib pajak untuk segera melaporkan SPT Tahunan sebelum batas waktu tersebut. Cara Lapor SPT Tahunan Secara Online.

Hingga akhir Maret, laporan SPT Tahunan dapat dilakukan secara online tanpa harus datang langsung ke kantor. Presiden Jokowi mengatakan, pelaporan SPT Tahunan PPh melalui aplikasi daring e-filing lebih mudah dilakukan karena para wajib pajak tidak perlu datang ke kantor pajak.

“Caranya mudah dan tidak repot karena tidak perlu ke kantor pajak. Bisa kapan saja dan bisa darimana saja,” jelasnya.

Untuk lapor SPT secara online, para wajib pajak harus mempersiapkan NPWP, pin EFIN,dan akun DJP Online. Sebelum mengisi e-filing, para wajib pajak perlu mengetahui perbedaan tiga jenis formulir SPT PPh untuk pelaporan wajib pajak Orang Pribadi.

1. Formulir 1770 SS

Formulir ini memiliki struktur dan bentuk yang paling sederhana karena hanya 1 lembar. Formulir ini digunakan oleh Wajib Pajak yang mempunyai penghasilan selain dari usaha dan/atau pekerjaan bebas dengan penghasilan bruto tidak lebih dari Rp 60 juta dalam satu tahun

2. Formulir 1770 S

Formulir ini memiliki struktur lebih kompleks dibandingkan formulir 1770 SS karena memiliki lampiran yang harus diisi. Formulir ini diperuntukan bagi:

a. Wajib Pajak Orang Pribadi yang memperoleh penghasilan lebih dari satu pemberi kerja atau, yang penghasilan brutonya sama dengan atau lebih besar dari Rp 60 juta per tahun;

🔥Trending:  Kartu Prakerja Gelombang 23 Resmi Dibuka!!

b. Wajib Pajak Orang Pribadi yang memperoleh penghasilan dalam negeri lainnya (seperti : bunga, royalty, sewa ataupun keuntungan dari penjualan dan/atau pengalihan harta lainnya) atau,

c. Wajib Pajak Orang Pribadi yang memiliki penghasilan yang dikenakan PPh final Dan/atau bersifat final seperti bunga deposito, SBI dan lainnya.

3. Formulir 1770

Formulir 1770 ini diperuntukkan bagi:

a. Wajib Pajak Orang Pribadi yang memperoleh penghasilan dari usaha sendiri (misalnya : usaha pertokoan, salon, warung dan lain-lain) atau,

b. Wajib Pajak Orang Pribadi yang memperoleh penghasilan dari pekerjaan bebas (misalnya : dokter, notaris, petugas dinas asuransi dan lain-lain) atau,

c. WP yang memperoleh penghasilan dari satu atau lebih pemberi kerja.

d. WP yang memiliki penghasilan yang dikenakan PPh final dan/atau bersifat final.

e. Wajib Pajak yang memiliki penghasilan Dalam Negeri lainnya (seperti : bunga, royalty, sewa ataupun keuntungan dari penjualan dan/atau pengalihan harta lainnya).

f. Wajib Pajak yang dan memperoleh penghasilan di luar negeri.

Mengutip dari situs KlikPajak, SPT Tahunan melalui e-filling dapat dilakukan dengan cara:

1. Kunjungi situs DJP Online di http://djponline.pajak.go.id.
2. Masukkan NPWP beserta kata sandi Anda. Kemudian isi kode keamanan dan klik “login”.
3. Klik “Lapor” dan pilih layanan “E-Filing”. Klik “Buat SPT”.
4. Nantinya akan muncul beberapa pertanyaan yang harus dijawab dengan tepat untuk mendapatkan formulir SPT tahunan 1770 SS. Jika benar, maka akan muncul kolom SPT 1770 SS.
5. Formulir akan muncul di layar dan Anda dapat mengisi kolom yang ada sesuai dengan bukti potong pajak.
6. Isi formulir yang berisi tahun pajak dan status SPT.
7. Jika sudah, akan muncul ringkasan SPT dan pengambilan kode verifikasi. Klik “Di Sini” untuk pengambilan kode verifikasi. Setelah itu kode verifikasi akan dikirim ke surel atau nomor ponsel.
8. Masukkan kode verifikasi pada kolom yang sudah disediakan dan klik “Kirim SPT”.
9. Secara otomatis, laporan SPT akan terekam dalam sistem DJP.
10. Bukti penyelesaian laporan akan dikirimkan melalui email Anda.

🔥Trending:  BLT Untuk UMKM Tahun 2022 Akan Segera Disalurkan. Bagaimana Cara Mendapatkannya?

Demikianlah postingan kami kali ini tentang Cara Lapor SPT Tahunan Secara Online. Terimakasih telah mengujungi website kami, semoga kalian dapat merasakan manfaatnya. Terimakasih!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button